-->

Apa bisa Ilmu filasafat akan melenceng jika tidak dipahami dengan baik??

- May 26, 2020
advertise here


Hallo sobat jurnalrumit, Sebelum saya melanjutkan, saya ingin melalukan disclaimer dulu nih. saya (penulis) telah bergabung dalam beberapa group filsafat dan salah satu anggota aktif yang selalu diskusi di group filsafat tersebut. di dalam group tersebut banyak pertanyaan yang sangat bagus menurut saya tapi ada beberapa yang menurut saya melenceng aliran ilmu filsafatnya. ingat ya menurut saya (penulis).

melenceng dalam arti apa? ya dalam arti pertanyaan sensitif yaitu pertanyaan seputar spritual yang menurut saya kita manusia tidak mengerti atas pertanyaan tersebut. pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menggiring opini publik menjadi yang baik menjadi tidak baik, yang nyata menjadi tidak nyata, yang percaya menjadi tidak percaya.

jadi saya ingin membahas sedikit seputar filsafat...

filsafat dapat diartikan secara umum yaitu mencintai kebijaksanaan. secara garis besar filsafat, mencari kebenaran dari berbagai teori. setiap bertanyaan dapat dijawab dengan 5w+1h. filsafat telah sudah ada dari beberapa abad yang lalu (sebelum masehi). dapat diartikan filsafat sebagai mother of science. parents of science. secara mendasar filsafat mencakup pengetahuan, akal, dan pikiran.

apa metode filsafat dalam mencari kebenaran?? dengan cara berdiskusi, bertanya, dialektik, dan lain-lain.

Kemanfaatan Filsafat


kemanfaatan ilmu filsafat sangat berguna bagi manusia. dalam setiap pertanyaan filsafat mengandung banyak jawaban yang sangat berbobot. dari banyak jawaban tersebut kita dapat mengartikan nya secara sendiri dan membuat kesimpulan secara sendiri yang menurut kita itu yang paling benar dengan kebiksanaan diri sendiri.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

pengertian filsafat dapat dipahami secara sendiri dengan pemahaman masing. berikut adalah pemahaman pengertian filsafat menurut ahli 

Aristoteles (384-322 SM)

Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang meliputi logika, fisika, metafisika dan pengetahuan praktis.

Plato (427-347 SM)

Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang hakekat.

Immanuel Kant (1724-1804)

Immanuel Kant merumuskan filsafat sebagai ilmu pengetahuan yang menjadi pokok pangkal dan puncak segala pengetahuan yang tercakup di dalamnya empat persoalan yaitu:
  1. Metafisika, yaitu pertanyaan: Apa yang dapat kita ketahui?
  2. Etika, Apa yang seharusnya dilakukan?
  3. Agama, Sampai dimanakah harapan kita? hakikat manusia?
  4. Anthropologi, Apa hakikat manusia

Poedjawijatna

Poedjawijatna berpendapat bahwa filsafat ialah ilmu yang berusaha untuk mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran belaka.

Aliran Filsafat Yang Melenceng Jika Diterapkan Di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai bhineka tunggal ika nya yang mengartikan berbeda-beda tapi tetap satu. yang dimana di indonesia ada berbagai suku,agama dan ras. aliran ilmu filsafat apa yang melenceng jika berada diindonesia?? ya menurut saya (penulis) aliran ilmu filsafat yang melenceng adalah sekularisme. Sekularisme adalah aliran filsafat yang membebaskan manusia dari hal-hal yang bersifat supernaturalisme atau keagamaan.

seperti yang diketahui indonesia memiliki fundamental pancasila, sila pertama ketuhanan yang maha esa. yang percaya akan tuhan. tetapi di dalam aliran tersebut menggiring opini publik seolah-olah mengarahkan manusia untuk tidak percaya kepada Tuhan, kitab suci, dan hari akhir. tentu hal tersebut akan melenceng jika diterapkan di indonesia karna mengarahkan pada hal tersebut.

*artikel ini hanya pemahaman penulis tentang filsafat
**silakan berkomentar
***Mohon kritik dan sarannya


Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search